Sosial Masyarakat Kecamatan Kenohan

A. Pendidikan 

Tuana Tuaha
Pendidikan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui tingkat kemajuan suatu daerah. Pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berperan penting dalam pembangunan. Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. 

Untuk mensukseskan program wajib belajar 12 tahun seperti yang dicanangkan pemerintah, kini telah dibangun fasilitas pendidikan dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah atas. Sarana pendidikan di kecamatan Kenohan, sebagian sudah menjangkau hampir diseluruh desa, dan sebagian lagi belum menjangkau. Contoh: SD negeri sudah menjangkau diseluruh desa, sedangkan SMP belum menjangkau. Di Kecamatan Kenohan, terdapat 6 sekolah taman kanak-kanak (TK) yang tersebar di 5 desa yaitu Desa Semayang, Tubuhan, Teluk Muda, Tuana Tuha, dan Kahala. Jumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Kenohan terdapat 14 buah yang tersebar merata di seluruh desa. Sedangkan SD swasta, Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri, dan MI swasta tidak terdapat di Kenohan. 

Untuk sekolah lanjutan tingkat pertama, di Kenohan ada 4SMP Negeri, dan 1 MTs Swasta. Untuk SMP Negeri, hanya terdapat di 4 desa yaitu desa Tubuhan, Tuana Tuha, Kahala, dan Lamin Telihan. Sedangkan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri, di kecamatan Kenohan belum ada, tetapi terdapat sebuah MTs swasta yang berlokasi di desa Semayang. 

Untuk sekolah lanjutan tingkat atas, di kecamatan Kenohan hanya terdapat 1 SMA Swasta yang terdapat di desa Kahala, dan 1 SMK swasta yang terdapat di desa Tuana Tuha. 


B. Kesehatan 

Pusban Semayang
Pembangunan kesehatan menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia. Tingkat kesejahteraan masyarakat dapat diukur salah satunya dari keberhasilan pembangunan kesehatan. Pembangunan kesehatan juga memuat mutu dan upaya kesehatan yang sangat dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas kesehatan dengan menciptakan akses pelayanan kesehatan dasar yang didukung oleh sumber daya yang memadai seperti prasarana kesehatan dan juga tenaga kesehatan yang memadai. 

Upaya pemerintah dalam bidang kesehatan dilakukan dengan menyediakan fasilitas kesehatan sampai ke wilayah desa/desa. Secara umum, fasilitas kesehatan di kecamatan Kenohan sudah tersebar merata diseluruh desa. Di kecamatan Kenohan, ada 1 puskesmas yang terletak di Desa Kahala, dan 6 puskesmas pembantu (pusban) yang tersebar di 6 desa lainnya sedangka 1 desa belum meilikinya. Untuk banyaknya tenaga kesehatan, ada 2 orang dokter umum dan 1 dokter gigi yang berada di Desa Kahala. Sedangkan bidan berjumlah 4 orang, serta tenaga paramedis lainnya berjumlah 6 orang. 

C. Agama 

Sesuai dengan UUD 1945, Negara menjamin kebebasan bagi warganya untuk memeluk agama dan menjalankan keyakinan sesuai agama dan kepercayaannya masing–masing. Pembinaan kehidupan beragama diharapkan dapat menciptakan kerukunan antar umat beragama sehingga dapat mengatasi berbagai masalah sosial yang timbul di masyarakat. Sebagian besar penduduk kecamatan Kenohan beragama islam, sisanya adalah penganut agama Kristen protestan. Untuk sarana ibadah masjid ada sebanyak 8 buah, langgar 9 buah, dan gereja protestan ada 4 buah.

http://3.bp.blogspot.com/-FKB-bxL3OqE/UIhFrTOWvJI/AAAAAAAAAMs/hAm141vpVbw/s640/Petua+Isteri+Tewaskan+Suami+Di+Bilik+Tidur.jpg
video ml di hotel
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...