Senja di Planet Alien Tidak Berwarna Merah


Senja di Planet Osiris (foto : ExoClimes)
LONDON - Berwarna apakah senja di suatu planet asing yang jauh dari Bumi? Lewat data dari teleskop luar angkasa Hubble, ilmuwan eksoplanet Frederic Pont di University of Exeter telah merekonstruksi warna senja planet Osiris.

Diwartakan Dailymail, Sabtu (14/1/2012), planet yang juga dikenal dengan nama HD 209458 tersebut, berjarak 150 tahun cahaya dari Bumi, dan merupakan planet pertama yang terdeteksi memiliki uap air di atmosfernya.

"Saya takjub karena kita mengetahui seperti apa senja di HD 209458 dengan cukup akurat. Ketika kami mengumpulkan tranmisi spektrum atmosfer planet itu saat melintasi bintangnya, hal yang pasti diukur adalah berwarna apakah senja di sana," kata Pont.

"Karena suhunya yang hampir sama dengan suhu Matahari, bintang yang kelilingi planet itu berwarna putih bila dilihat dari luar atmosfer. Kemudian bintang tersebut akan memperoleh semburat biru seiring senja tenggelam lebih dalam," tambahnya.

Menurut Pont, penyerapan sodium yang terjadi di planet tersebut, menghilangkan warna merah dan oranye lalu menyebarkan warna biru, sehingga senja tersebut jadi berwarna biru-kehijauan. (okezone.com)

http://3.bp.blogspot.com/-FKB-bxL3OqE/UIhFrTOWvJI/AAAAAAAAAMs/hAm141vpVbw/s640/Petua+Isteri+Tewaskan+Suami+Di+Bilik+Tidur.jpg
video ml di hotel
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...