Tempat Paling Kering di Muka Bumi (Dry Valley-Antartika)


Dimanakah tempat paling kering yang ada di muka bumi ? Mungkin anda akan berfikir bahwa tempat terkering di muka bumi ini adalah di wilayah padang pasir Sahara atau gurun Ghibli yang merupakan tempat terpanas di muka bumi. Hal ini wajar, karena umumnya daerah padang pasir merupan daerah yang beriklim panas dan sangat sedikit curah hujannya pertahunnya. 

Tapi ternyata tempat paling kering di muka bumi ini bukanlah berada di daerah-daerah tersebut. Melainkan di sebuah wilayah yang beriklim sangat dingin, tepatnya ada di Dry Valley, yaitu di wilayah Antartika. 

Menurut beberapa artikel yang saya temukan, hal ini dapat terjadi karena disebabkan wilayah di tersebut (Antartika) tidak pernah mendapatkan hujan selama krang lebih dua juta tahun. Dibandingkan dengan wilayah gurun, contohnya gurun Sahara yang hanya memiliki curah hujan 25 mm per-tahunnya, yang kenyataannya kurang lebih sama dengan curah hujan di Antartika. Namun di Wilayah Antartika 2% dari daerah tersebut dikenal sangatlah kering dan tidak ditutupi oleh salju dan es sama sekali bahkan tidak pernah dituruni hujan selama 2 juta tahun. 

Lembah-lembah kering di Antartika ini secara ilmiah hal ini dijelaskan karena wilayah kering tersebut terjadi peristiwa angin katabatic. Angin katabatic ini muncul ketika udara yang dingin dan pekat ditarik ke bawah hanya dengan kekuatan gravitasi bumi. Kecepatan angin ini dapat mencapai 320 km per-jam, hingga dalam pergerakannya mampu menguapkan semua sesuatu yang basah, seperti air, es, dan salju. 

Dry Valley-Antartica
http://3.bp.blogspot.com/-FKB-bxL3OqE/UIhFrTOWvJI/AAAAAAAAAMs/hAm141vpVbw/s640/Petua+Isteri+Tewaskan+Suami+Di+Bilik+Tidur.jpg
video ml di hotel
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...